PENERAPAN PAPAN INFORMASI NEON BOX TINGKATKAN SARANA AKSES LAYANAN INFORMASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN KEPUTIH

Penulis

  • Hasnah Aulia Zahra Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Ibrohim Yofid Fananda Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Gunawan Wibosono Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Irma Wulandari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Aji Sapta Pramulen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Jauari Akhmad Nur Hasim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Widi Sarinastiti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Akhmad Alimudin Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Citra Devi Murdaningtyas Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Sritrusta Sukaridhoto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Hestiasari Rante Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Novita Astin Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Aliv Faizal Muhammad Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Rachmat Santoso Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dwi Susanto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Kholid Fathoni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Agus Zainuddin Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15578/bs.v5i1.77

Kata Kunci:

pengabdian masyarakat, papan informasi, neon box, layanan publik, Kelurahan Keputih

Abstrak

Peningkatan akses informasi di Kelurahan Keputih, Surabaya, bertujuan untuk mengurangi kesenjangan digital yang diupayakan melalui program pengabdian masyarakat. Mengimplementasikan pemasangan papan informasi neon box sebagai sarana penyampaian informasi kepada publik, merupakan wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian. Program ini menggunakan metode Service Learning, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan refleksi guna memastikan papan informasi tepat guna. Berfokus pada penyebaran informasi penting mengenai layanan administrasi kependudukan, dengan melibatkan partipasi aktif peran masyarakat. Antusiasme positif ditujukan oleh masyarakat ini mencerminkan keberhasilan pelaksanaan program dalam memfasilitasi akses layanan kelurahan. Sebagai upaya menjaga keberlanjutan program, disarankan adanya kolaborasi berbagai pihak, termasuk masyarakat dan sektor swasta yang mempunyai peran terkait, dalam pemeliharaan serta membuka peluang inovasi seiring dengan perkembangan teknologi.

Kata Kunci: pengabdian masyarakat; papan informasi; neon box; layanan publik; Kelurahan Keputih.

Referensi

Afandi, A., & others. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan~….

Bahari, Y. F., Widiyanto, M. K., & Hartono, S. (2024). INOVASI PELAYANAN DALAM PENGURUSAN PENCATATAN PERKAWINAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 4(02), 173–189.

Basri, B., Rahayu, A., & Fajri, F. (2022). KKN Multimatik Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat melalui Official Media untuk Peningkatan Manajemen Unggulan Desa di Desa Tammangalle. JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 6–12.

Permen PAN & RB No. 13 Tahun 2017 - JDIH BPK RI, Pub. L. No. No. 13 Tahun 2017. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/132599/permen-pan-rb-no-13-tahun-2017

BPMP. (2025). Upaya Kolaboratif dalam Mengatasi Kesenjangan Digital. Bpmpntb.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved from https://bpmpntb.kemdikbud.go.id/artikel/35/upaya-kolaboratif-dalam-mengatasi-kesenjangan-digital

BPS. (2024). Kecamatan Sukolilo Dalam Angka 2024 (BPS Kota Surabaya, Ed.; Vol. 12). Surabaya: BPS Kota Surabaya. Retrieved from https://surabayakota.bps.go.id/id/publication/2024/09/26/6c39576d30a2e995d1c9b6bf/sukolilo-district-in-figures-2024.html

Indonesia, P. R. (2008). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Islamiyah, N. (2022, December 14). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kelurahan Keputih . Kompasiana.Com, 1–1. Retrieved from https://www.kompasiana.com/nurul99303/63994bb808a8b536424d8352/kualitas-pelayanan-publik-bidang-administrasi-kependudukan-di-kelurahan-keputih

Kariem, M. Q., & Ishmatuddin, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penentu Tata Kelola Pemerintahan Di Pemerintah Kota Surabaya Periode Kepemimpinan Tri Risma Harini Tahun 2015-2020. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(02), 239–248.

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.

Luis, R. R. A., Dharmawan, M. O., & Priyono, P. (2021). Penyusunan Peta Desa Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat Hibah Peta di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Abdi Geomedisains, 1–8.

Mudawaroch, R. E., Pangestu, A., Romadhon, D., Nurhayati, S., Rahayu, A. B., & Permata, F. D. (2022). Pengadaan Papan Informasi Desa Wonotulus. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1157–1161.

Nusanti, I. (2014). Strategi service learning sebuah kajian untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 251–260.

PPID. (2025). JENIS-JENIS INFORMASI PUBLIK. Ppid.Go.Id. Retrieved from https://ppid.agamkab.go.id/Halaman/jenisjenis-informasi-publik

Rozan, Z. R., & Dewi, A. O. P. (2022). Penggunaan internet sebagai sumber informasi pada generasi baby boomer berdasarkan kemampuan literasi informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(1), 23–42.

File Tambahan

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Zahra, H. A., Fananda, I. Y. ., Wibosono, G. ., Wulandari, I. ., Pramulen, A. S. ., Hasim, J. A. N. ., Sarinastiti, W. ., Alimudin, A. ., Murdaningtyas, C. D. ., Sukaridhoto, S. ., Rante, H. ., Astin, N., Muhammad, A. F. ., Santoso, R. ., Susanto, D. ., Fathoni, K. ., & Zainuddin, M. A. . (2025). PENERAPAN PAPAN INFORMASI NEON BOX TINGKATKAN SARANA AKSES LAYANAN INFORMASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN KEPUTIH . Buletin SWIMP, 5(1), 022–030. https://doi.org/10.15578/bs.v5i1.77

Terbitan

Bagian

Articles