STIMULASI PENGEMBANGAN SOFTSKILL PENGOLAHAN IKAN YANG BAIK DAN BENAR KEPADA SISWA SMK 5 TANGERANG

STIMULASI PENGEMBANGAN SOFTSKILL PENGOLAHAN IKAN YANG BAIK DAN BENAR KEPADA SISWA SMK 5 TANGERANG

Penulis

  • Nur Hidayah Politeknik AUP

DOI:

https://doi.org/10.15578/bs.v4i2.70

Kata Kunci:

Kepuasan; Pengolahan ikan; Siswa SMK; Teaching factory.

Abstrak

Siswa SMK agribisnis pengolahan hasil perikanan wajib memiliki dasar pengetahuan dan softskill bidang pengolahan. Kegiatan bertujuan untuk memberikan informasi, sharing ilmu pengetahuan dan keterampilan pengolahan ikan yang baik dan benar dan memberikan gambaran representatif proses pengolahan di teaching factory. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi ilmu dasar dan prinsip pengolahan dan demonstrasi kegiatan teaching factory  kepada siswa kelas X SMK 5 Tangerang. Evaluasi dilakukan dengan memberikan quesioner digital. Terdapat 90 peserta siswa kelas X SMK 5 Tangerang, dan 30 dewan guru yang mengikuti kegiatan. Informasi dan basic ilmu pengolahan telah disampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh peserta. Kegiatan teaching factory dapat memberikan inspirasi dan stimulasi pengembangan pelaksanaan praktik di lembaga pendidikan vokasi. Kegiatan yang dilakukan mendapat respon positif dari peserta, 59% peserta menyatakan kegiatan bermanfaat, 57% menyatakan materi sesuai dengan kebutuhan, 49% peserta merasa puas, 59% menyatakan fasilitas praktik memadai, 54% menyatakan penanganan terhadap masalah dilaksanakan dengan baik dan 51% peserta antusias dan bersedia mengikuti kegiatan serupa.

Referensi

Attahmid, N. F. U., Yusuf, M., Syahriati, & Saleh, R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Pascapanen Hasil Perikanan untuk Meningkatkan Kualitas dan Nilai Ekonomis Produk Perikanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(3), 31–38.

BPOM. (2018). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan. In Bpom Ri.

Fani, S., & Rasto. (2016). Mengembangkan soft skill siswa melalui proses pembelajaran ( Developing students ’ soft skill through teaching and learning process ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 160–166. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Hidayah, N., & Yasinto. (2023). Penerapan GMP dan SSOP pada Pengolahan Cakalang (Katsuwonus pelamis) Loin Masak Beku. Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam, 5(2), 125–137.

Irawan, D. W. P. (2016). Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman Di Rumah Sakit. In D. Indraswati (Ed.), Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES) (1st ed.). Forum Ilmiah Kesehatan (Forikes). https://kesling.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/BUKU-ISBN-PRINSIP-2-HS-MAKANAN-DI-RS.pdf

Irianto, H. E., & Giyatmi. (2021). Pengembangan Produk Panngan Teori dan Implementasi (Y. N. I. Sari (ed.); 1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1460

Khasanah, L. U., Atmaka, W., Kurniasari, D., Kawiji, K., Praseptiangga, D., & Utami, R. (2017). Karakterisasi Kemasan Kertas Aktif dengan Penambahan Oleoresin Ampas Destilasi Sereh Dapur (Cymbopogon citratus). Agritech, 37(1), 60. https://doi.org/10.22146/agritech.17011

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285–297.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 447–454.

Sari, A. K., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa jurusan tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 148. https://doi.org/10.29210/30031696000

Satria, R., Rossi, E., Harun, N., Studi Teknologi Hasil Pertanian, P., & Teknologi Pertanian, J. (2017). the Study of Packaging Types and Time Storage on Quality Ice Cream Soyghurt. 4(2).

Widyastuti, N., & Almira, V. G. (2019). Higiene dan Sanitasi dalam Penyelenggaraan Makanan. In Uk. Nur Huda A (Ed.), K-Media (1st ed.). K-Media.

Yulianto, Hadi, W., & Nurcahyo, R. J. (2020). Hygiene Sanitasi dan K3. In Graha Ilmu (1st ed., Vol. 1, Issue 1). Graha Ilmu. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Zulkarnain, I. (2016). Keamanan Kemasan Pangan. Universitas Andalas, 11.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Hidayah, N. (2024). STIMULASI PENGEMBANGAN SOFTSKILL PENGOLAHAN IKAN YANG BAIK DAN BENAR KEPADA SISWA SMK 5 TANGERANG: STIMULASI PENGEMBANGAN SOFTSKILL PENGOLAHAN IKAN YANG BAIK DAN BENAR KEPADA SISWA SMK 5 TANGERANG. Buletin SWIMP, 4(2), 280 –. https://doi.org/10.15578/bs.v4i2.70

Terbitan

Bagian

Articles