EFFORTS TO IMPROVE THE ECONOMY OF THE CINTAKARYA VILLAGE COMMUNITY, WEST JAVA PROVINCE, THROUGH TRAINING IN PROCESSING AND MARKETING TILAPIA-BASED PRODUCTS

UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA CINTAKARYA, PROVINSI JAWA BARAT, MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS NILA

Penulis

  • Deden Maulid Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
  • Widya Pangestika
  • Arpan Nasri Siregar
  • Tri Rahayu Andayani
  • Nusaibah Nusaibah
  • kusuma Arumsari
  • Indra Kristiana
  • Endah Yuniarti Padjadjaran University

DOI:

https://doi.org/10.15578/bs.v4i2.72

Kata Kunci:

Peningkatan ekonomi; Desa Cintakarya; Pangandaran; Pengolahan Ikan Nila.

Abstrak

Wilayah Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran memiliki potensi perikanan budidaya ikan yang baik karena dialiri oleh sumber air yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Potenis wilayah ini sudah dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk melakukan kegiatan budidaya ikan nila. Namun demikian kegiatan budidaya tersebut tidak diikuti oleh kegiatan pasca panen yang bisa dilakukan oleh ibu/ibu pembudidaya sehingga potensi peningkatan ekonomi belum didapatkan secara maksimal. Upaya peningkatan ekonomi dari sektor pengolahan pasaca panen penting untuk dilakukan mengingat potensi kegiatan tersebut terbuka lebar dengan keberadaan bahan baku yang melimpah. Tujuan Pelatihan pengolahan Ikan berbasis nil aini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Masyarakat sesuai sumberdaya local. Upaya peningkatan ekonomi Masyarakat pada sektor pengolahan dilakukan secara bertahap dan terprogram dengan bentuk kegiatan yang beragam mulai dari penyuluhan, pendampingan teknis, serta pembentukan relasi pemasaran. Berdasarkan evaluasi dan masukan dari Masyarakat, kegiatan PKM yang dilakukan oleh Porogram studi Pengolahan Hasil Perikanan memiliki manfaat bagi Masyarakat desa Cintakarya. Manfaat yang dimaksud berupa keuntungan usaha sebesar 40% dari modal yang digunakan.

Referensi

Asmoro AA, 2021. Hubungan inovasi produk makanan terhadap minat beli masyarakat di Gresik. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4(1):55-64.

Cicik Harini, Yulianeu. 2018. Strategi penetrasi pasar UMKM Kota Semarang menghadapi era pasar global MEA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(2): 361-381.

Glynn, Mark S, Woodside, Arch G. 2009. Business to Business Brand Management: Theory, Research and Executive Case Study Exercise. UK: Emerald Group Publishing Limited

Indonesia, 2012. Undang-undang No 12 Tentang Pendidikan Tinggi

Indonesia, 2014. Undang-undang No 4 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi

Kementrian Kelautan dan Perikanan, 2016. Peraturan mentri KP Nomor 44/PERMEN-KP/2016 Tentang Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kojo C, Rogi MH, Lintong DC, 2018. PKM pengembangan inovasi produk makanan dan minuman yang dijual di seputaran kampus UNSRAT Bahu. Jurnal LPPM Bidang EkososbudKum 4(2): 68-76.

Lau, GT., Lee, SH. 2007. Consumers Trust in a Brand and the link to Brand Loyality. Journal of Market Focused Management.

Nawawi, 2016. Strategi inovasi produksi dan kompetitif bisnisdalam perspektif islam. Jurnal Al-Tahrir. Volume 12(2): 157-179.

Pudjiwat Sajogyo, 1996. Sosiologi Pedesaan. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta. Hlm.140

Purnawati, L. 2020. Peranan pemerintah desa dalam menangani konflik peternakan ayam broiler di Desa Pucanglaban Kabupaten tulungagung. Nakhoda: Jurnal Ilmu pemerintahan. 19(2):229-243.

Sugiman, 2018. Pemerintah Desa. BinaMulia hukum. Vol 7 No 1: 82-95.

Tuti A Verawati, 2003. Peran Pemerintah dalam pemberdayaan Masyarakat nelayan di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Makassar: Universitas 45 Makassar, hlm 9.

Ulumiyah, I. 2019. Peran pemerintah Desa dalam memberdayakan Masyarakat desa (studi pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5): 890-899.

Wardhani, CH, Sumartono, Makmur. 2015. Manajemen Penyelenggara an program pelatihan Masyarakat (Studi di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementrian Dalam Negeri di Malang). Wacana 18(1): 21-30

Yunaida, E. 2017. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Maulid, D., Pangestika, W., Siregar, A. N., Andayani, T. R., Nusaibah, N., Arumsari, kusuma, Kristiana, I., & Yuniarti, E. (2024). EFFORTS TO IMPROVE THE ECONOMY OF THE CINTAKARYA VILLAGE COMMUNITY, WEST JAVA PROVINCE, THROUGH TRAINING IN PROCESSING AND MARKETING TILAPIA-BASED PRODUCTS: UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA CINTAKARYA, PROVINSI JAWA BARAT, MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS NILA. Buletin SWIMP, 4(2), 288 –. https://doi.org/10.15578/bs.v4i2.72

Terbitan

Bagian

Articles